Hallo namaku Evania, mau cerita nih pengalaman waktu aku kuliah di Surabaya. Nah, singkatnya nih karena pengen deket ke kampus akhirnya aku cari kost-kostan yang dekat kampus. Rumah kost yang akhirnya kupilih nih sebenarnya udah bangunan baru, rumahnya berhalaman luas dan tingkat dua. Persis di depan rumah kost itu, ada halaman kosong yang ditumbuhi pohon pisang. Setelah tinggal di kost itu, mulai dengar cerita-cerita serem dari para penghuni.

Awalnya aku nempatin kamar atas yang paling pojok sendiri, nah atap sebelah kamarku tuh sampingnya ditutupin ama fiber yang dari plastik. Suatu hari kira-kira jam 9 malam, waktu penghuni kost siap-siap mau tidur abis pulang kuliah, tiba-tiba kayak ada batu sebesar gajah atau benda apa yang sepertinya jatuh nimpa atap sebelah kamarku, sampai semua pada keluar kamar. Tapi pas diliat ngga ada apa-apa dan ngga ada atap yang bolong, padahal atap itukan dari fiber plastik. Sejak itu aku jadi ngga bisa tenang di kamar atas, kayak ada yang ngawasin terus, akhirnya pindahlah aku ke kamar bawah.

Teman-teman juga cerita kalau sering tiba-tiba penghuni kost yang lagi pergi tiba-tiba kelihatan lagi duduk di teras depan. Pernah juga ada teman yang bangun tidur siang pas udah maghrib, masih setengah ngantuk dianya pergi ke kamar mandi mau pipis, eh tiba-tiba itu anak keluar dari kamar mandi kayak shock berat pakai mau pingsan lagi. Katanya di kamar mandi ada yang towel-towel dia, bener-bener shock berat deh temanku itu.

Tapi pengalaman yang paling nggak bisa aku lupakan adalah suatu hari waktu maghrib, kebetulan kost lagi sepi, aku nih jalan dari dapur mau ke kamar dan pasti ngelewatin ruang makan yang berdekatan dengan tangga keatas. Di bawah tangga itu ada meja telpon, pas aku lewat di dekat meja telpon itu, aku ngeliat ada yang duduk disitu dengan memakai baju hitam panjang, rambutnya juga panjang, mata melotot, menyeramkan pokoknya, tapi anehnya aku ngerasa wajahnya kayak teman kost yang udah pindah ke luar pulau.

Dasar aku kan orangnya cuek, dengan santai ngeloyor terus ke kamar aku, tapi karena penasaran besoknya aku tanyain sama pembantu kostan apakah anak kost yang udah pindah itu maen ke kostan kemarin, dan jawabannya membuat aku jadi merinding… karena teman yang dah pindah itu ngga pernah datang lagi ke kostan. Nggak tau deh makhluk apa yang kulihat itu, tetapi aku merasa kalau itu adalah makhluk penunggu rumah kostan itu, karena menurut aku kalau ada “sesuatu” seperti itu di dalam rumah, pasti suasana rumah sering kurang enak, penghuni sering berantem dll. Itu pengalaman yang nggak akan kulupakan sampai sekarang.

Itu dulu deh. Trims bagi yang mau baca pengalaman aku.